Tuesday, September 18, 2012

Mari Belajar "Persamaan Garis"

Sebuah garis dapat dibentuk dari dua buah titik.

Oleh karena itu, kita dapat menentukan persamaan sebuah garis hanya dengan mengetahui titik koordinat dua titik tersebut. Misalnya A(x1,y1) dan B(x2,y2). Jika titik A dan B dihubungkan akan membentuk sebuah garis dengan persamaan y = mx + C.

1. Menentukan Persamaan Garis dari 2 Titik yang Diketahui

Perhatikan contoh di bawah ini: Sebuah titik A(1,4) dan B(2,9) dihubungkan dengan sebuah garis. Maka tentukan persamaan garis yang terbentuk!
Rumus yang digunakan adalah:

Selanjutnya, bagaimana cara menentukan persamaan garisnya?
(Keterangan gambar: PG = Persamaan Garis)


2. Menghitung Jarak Antara 2 Titik

Dengan menggunakan rumus Phytagoras, yaitu sisi miring² = alas² + tinggi² kita dapat menentukan jarak antara 2 titik.
Contoh: Tentukan jarak antara titik A dan B di bawah ini!

Dapat dilihat ∆y = 4 dan ∆x = 6

Dengan menggunakan rumus Phytagoras: AB² = ∆y² + ∆x², maka akan di dapat AB = ...

Untuk selanjutnya, kita dapat menghitung jarak antara dua titik dengan rumus berikut ini:


3. Menentukan Titik Tengah M

Titik M terletak segaris dengan AB, dimana jarak AM = MB . Bagaimana cara menentukan titik tengah tersebut? Gambarkan saja terlebih dahulu, maka kalian akan langsung dapat melihat dimana titik tengahnya.

Dari gambar di atas, maka ditemukan bahwa titik M adalah (4,3)

Dari gambar di atas, kita dapat menemukan rumus untuk mencari titik tengah dari dua buah titik yang diketahui, yaitu:


4. Apakah Gradien Itu?

Nama lain dari gradien adalah kemiringan garis yang sudut kemiringannya diwakili dengan bilangan tan θ. Dimana θ adalah sudut kemiringan garis tersebut terhadap sumbu x.

Tentukan gradien dari garis di bawah ini!

Sudah kita ketahui bahwa gradien adalah kemiringan garis.

Maka dari rumus itu dapat dicari bahwa gradien garis di atas adalah 1 (satu).
5. Bagaimana Cara Menentukan Persamaan Garis dari 2 Titik dengan Mencari Gradien m terlebih dahulu

Selain dapat dicari dengan cara pada nomor 1, yang telah saya terangkan di atas, persamaan garis dari dua buah titik juga dapat dicari dengan cara berikut ini:
Lihat langkah 1 dan langkah 2

Bagaimana contohnya? Lihat contoh soal dan langkah penyelesaiannya seperti gambar di bawah ini!

Mudah sekali, bukan? Ya, matematika memang mudah jika kita mempelajarinya setahap demi setahap.
Dari materi di atas, kita dapat menentukan persamaan garis yang melalui titik pusat O dengan gradien m.

Selain itu, kita juga dengan mudah dapat menentukan persamaan garis yang melalui sebuah titik yang lain dengan gradien m.


"Nah, karena Bu Rini sudah capai, pelajaran kita hentikan sampai disini dulu."
"Ya, Ibuuu..., kenapa cepet-cepet??? Ayo, teruskan!" kata anak-anak.
"Bu Rini sudah capai, Nak ... Nanti kita lanjutkan pada pertemuan yang akan datang. Kalian akan Bu Rini ajari hingga tahap advance level yang sumber soalnya Bu Rini ambil dari Cambridge High School. Yang sabar, ya..."
Begitulah cara mengajar anak-anak. Hentikan pelajaran saat mereka sedang merasa asyik-asyiknya belajar. Diharapkan mereka akan penasaran dengan pertemuan yang akan datang untuk mempelajari materi yang akan diberikan gurunya.


Mau dilanjutkan lagi?
Mari kita lanjutkan pelajaran sebelumnya.
Seperti yang sudah kita bahas, persamaan garis dapat ditentukan dari dua titik yang diketahui. Seperti titik a dan b seperti gambar di bawah ini:

Dari cara di atas, kita dapat menentukan persamaan garis dari titik (0,3) dan (2,0) di bawah ini.


Bagaimana persamaan garis dari dua gambar di bawah ini? Coba kalian selesaikan sendiri, kalian pasti bisa! Ingat, salah = tidak apa-apa. Jika salah, tinggal dicoret dan coba kerjakan lagi sesuai petunjuk yang telah Bu Rini berikan. Mudah sekali, bukan?


6. Apakah Garis Sejajar Itu? Apakah Garis saling tegak lurus itu?

Perhatikan keterangan singkat di bawah ini.


Dua garis sejajar adalah ...


Dua garis saling tegak lurus adalah ...


Dari keterangan di atas, kalian akan dapat dengan mudah memahami penyelesaian soal di bawah ini:


Dan juga pahami soal penyelesaian di bawah ini.

Setelah banyak berlatih, kalian akan bisa mengerjakan soal di bawah ini.


Selamat belajar, ya ... ^_^

8 comments:

Belajar matematika said...

materinya keren bu, terutama pada pembuktian rumus2nya. Kunjungi juga blog sayadi
wowbagoesmath.blogspot.com

Unknown said...

Maaf ibu saya hanya ingin bertanya kalau materi yang disampaikan dengan cara seperti ini apakah matematika itu jadi menyenangkan?
Saya rasa materinya ini sama saja dengan yang ada dibuku buku pada umumnya, tidak ada menarik-menariknya.
Tidak ada relevansinya dengan kehidupan nyata, belum terlihat penggunaan materi yang menuntut kreativitas siswa.

SMP RAHMAT SURABAYA said...

@Arnold Noyemri. Anda bertanya seakan -akan menggurui. apakah anda sudah bisa membuat pembelajaran kreatif dan menarik?

Unknown said...

Bagus materinya membantu sekali. Terimakasih

Koeshartati Saptorini said...

Pak @Arnold, mangga silahkan bikin sendiri. Saya hanya ingin berbagi.
Kalau tidak berkenan ya enggak apa-apa.
Orang saya juga berbagi gratis kok ... hihi.

Terima kasih Pak @Rahmat. Yang penting niat baik kita. Berbagi pengalaman dan apapunlah yang bermanfaat.

Koeshartati Saptorini said...

Iya Pak Bagoes. Siaaap.

Koeshartati Saptorini said...

Hatur nuhun Bu Gita Nur.

nayfa said...

pingin les lagi bu jadinyaa!

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5