- umur 5 tahun,
"Ibu punya telur empat. Digoreng tiga. Sisanya berapa?"
- umur 6 tahun,
"Adik punya 8 burung. Burung adik terbang 3. Burung yang tidak terbang berapa?"
- umur 7 tahun,
"Di dalam kandang, ada 12 ayam. Di luar kandang ada 5 ayam.
Jumlah ayam semuanya ada berapa?"
"Ibu mempunyai 12 kelereng. Dibagikan kepada 3 anak.
Satu anak mendapat berapa kelereng?"
- umur 8 tahun,
"Ibu mempunyai Rp. 500,00. Dibagikan kepada 5 anak.
Satu anak mendapat berapa rupiah?"
"Kamu makan roti mari 1. Kemudian kamu makan roti mari lagi 1/2.
Berapa roti mari yang sudah kamu makan?"
"Satu apel dibelah menjadi 2.
Diberikan pada kamu sebagian,sebagian lagi diberikan pada adikmu.
Berapa apel yang kamu terima?"
- umur 9 tahun,
"Sekantong kelereng dibagikan kepada 12 anak. Satu anak mendapat 15 kelereng. Jika kelereng itu dibagikan pada 5 anak, tiap anak mendapat berapa kelereng?
"Ibu berbelanja gula 2 1/2 kg, tepung terigu 5 3/4 kg. Berapa kg jumlah belanjaan Ibu?"
"Sebutkan kelipatan dari 4. Sebutkan pula kelipatan dari 6. Berapa kelipatan persekutuannya?
"Sebutkan bilangan kelipatan 3 yang terletak diantara 4 sampai 16!"
"Yuk, kita ke kebun. Ambil meteran. Kamu ukur panjang kebunnya.
Ukur juga lebarnya.Sekarang, ukur juga sekeliling kebun.
Panjang kebun yang diukur = 10 meter, lebarnya 5 meter. Sekeliling kebun aku ukur, ternyata panjangnya 30 cm. Apa kesimpulannya ya?"
"Yuk, kita buat kotak-kotak di ubin. Panjang sisi kotak 1 cm. Kamu buat ke kanan 4 kotak. Ke bawah 5 kotak. Hitung seluruh kotak yang kamu buat. Ada 20! Apa kesimpulannya ya?"
Umur berikutnya, kita lanjutkan pertemuan yad. Ini hanyalah sekedar coretan pengalaman, sehingga anak menyukai pelajaran matematika.
Friday, October 31, 2008
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
About Me
- Koeshartati Saptorini
- Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5
No comments:
Post a Comment