Tuesday, April 20, 2010

Mengapa Memilih Bimbel "Ganesha-One"?

Mengapa Pilih Ganesha-One?

Koeshartati Saptorini adalah pemilik dan pengajar bimingan belajar "Ganesha-One"

Lembaga Pendidikan Ganesha-One didirikan atas dasar kepedulian dan keprihatinan akan sangat kurangnya bimbingan belajar yang mengedepankan nilai-nilai mendidik kepada anak. Menjamurnya bimbel yang mengajarkan cara cepat mengerjakan soal juga menjadi keprihatinan kami.

Nilai-nilai pendidikan akan melenceng dari tujuan yang sebenarnya bila murid hanya diarahkan mementingkan hasil akhir; nilai UN harus bagus, raport harus bagus, dll. Prinsip dan konsep dasar suatu mata pelajaran tidak akan dipahami dan dikuasai oleh anak. Anak hanya ahli dalam menjawab “titik-titik” tanpa menguasai konsep dasar materi.

Menjadi hal yang latah bila banyak bimbel menawarkan program- semua materi pelajaran (matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dll) diajarkan di bimbel tersebut; 5 materi pelajaran diajarkan 3x dalam seminggu! Maka banyak bimbel mengajarkan cara cepat mengerjakan soal tanpa memperhatikan kaidah pengajaran yang benar. Yang terbentuk kemudian adalah generasi yang hanya mampu menjawab “titik-titik” tanpa penguasaan ilmu yang memadai. Hal ini akan menjadi hambatan tatkala anak kita menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anak kita akan kesulitan memahami tingkatan ilmu yang lebih tinggi karena sebelumnya hanya mampu menjawab “titik-titik” tanpa penguasaan konsep dasar teori yang matang.

Apa yang diajarkan di Ganesha-one?

Anak perlu juga diajarkan dan diberi kesempatan untuk berlatih secara mandiri. Maka tidak semua pelajaran harus kita dampingi. Untuk itulah lembaga pendidikan Ganesha-One mengkhususkan diri membimbing anak SD khusus matematika, SMP Matematika dan pengenalan fisika, SMA matematika-fisika-kimia.

Dengan pengalaman mengajar 15 tahun, Ganesha-One sangat mengetahui bahwa yang perlu diajarkan kepada anak adalah perubahan sikap belajar. Yang terpenting adalah memotivasi anak untuk mau belajar mandiri dan semangat untuk mempelajari suatu hal yang baru. Kreatifitas, semangat, dan kemandirian sangat menentukan keberhasilan belajar.

Ganesha-One menjadikan pelajaran matematika sebagai sarana untuk pembentukan sikap belajar anak. Anak akan diajarkan konsep dasar matematika (sesuai kelas) dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti anak. Setelah konsep dikuasai, anak akan dilatih mengerjakan soal secara mandiri dan percaya diri. Selanjutnya anak diberi PR untuk latihan di rumah, dengan aturan harus dikerjakan sendiri (tanpa dibantu saudara atau orang tua sedikitpun).

Apa keuntungan mengikuti les di Ganesha-One?

Orang tua tidak perlu lagi kerepotan mengajari matematika kepada anak-anak. Hampir semua orang tua mengatakan, “Kami sekarang sudah lepas dan tidak pernah lagi mengajari matematika pada anak-anak.” Memang komitmen kami adalah pada saat anak sudah menjadi siswa Ganesha-One, kami menyarankan orang tua murid untuk tidak mengajari anak dalam mengerjakan PR math baik dari sekolah maupun PR math dari Ganesha-One.

Murid hasil didikan kami mampu mengalahkan siswa pandai dari tempat bimbel lain, bahkan kursus math dari negara maju sekalipun. Ini sudah kami buktikan dengan mengadu kecepatan berhitung dan daya nalar dari siswa kami yang baru belajar enam bulan di Ganesha-One dengan siswa pandai dari kursus “top” khusus math yang sudah belajar sekitar enam tahun.

Kompetensi, pengalaman, dan dedikasi Pengajar Ganesha-One sudah diakui oleh banyak pihak.

Kesan pertama dari murid yang pandai dan berasal dari sekolah “Top” misalnya SMAK 1 dan 7 Penabur, SMAN 68 Jkt, SMP/SMA Labs School Jkt, dll, yang belajar di tempat kami adalah…………
“guru di Ganesha-One membuat pelajaran matematika menjadi mudah dan menyenangkan.”

Kesan pertama dari salah seorang anak yang malas belajar adalah, “Wah, Ma, PR-nya banyak sekali! Tapi tidak apa-apa kok, Ma. Sekarang aku jadi mengerti Matematika. Aku bisa mengerjakannya!”.

Bimbel Ganesha-One memang bertujuan agar anak yang sudah pandai menjadi lebih pandai lagi, sedangkan anak yang belum pandai kami berubah menjadi pelajar yang rajin dan kemudian menjadi pandai. Tentu saja diperlukan kerjasama antara guru, anak, dan orang tua. Maka rata-rata dari murid kami malu jika mereka mendapat nilai ulangan 7 untuk pelajaran IPA/Math.

90% dari murid Ganesha-One menjadi murid yang percaya diri dan menyadari bahwa ternyata aku bisa jika aku mau. Perasaan diri bahwa mereka adalah anak-anak yang pandai jika mereka mau, perlu ditumbuhkan pada anak-anak. Apapun hasilnya, orang tua harus terus mendukung dan memberi semangat kepada anak.

Bagaimana Hasilnya?

Hasil UN tahun 2008/2009 yang baru lalu, sebagian besar murid Ganesha-One berhasil meraih nilai UN matematika SMP di atas nilai 9,00.
1. Amanda – SMPI Al-Azhar Pusat, Jkt – UN matematika = 10
2. Fikri – SMPI Al-Azhar 8, Bks – UN matematika = 10
3. Amanda – SMP Labschool, Jkt – UN matematika = 10
4. Hanif – SMP Labschool,Jkt – UN matematika = 10
5. Nenis – SMPN 12, Bks – UN matematika = 9,75
6. Nadia Izza – SMPN 12, Bks – UN matematika = 9,75
7. Yora – SMPI Al-Azhar Klp Gading, Jkt – UN matematika = 9,75
8. Yoga – SMPN 12, Bks – UN matematika = 9,50
9. Tyas – SMPI Al-Azhar, Bks – UN matematika = 9,50
10. Adi – SMP Labschool, Jkt – UN matematika = 9,00
11. Ifan – SMPN 252, Jkt – UN matematika = 9,00
12. Dita – SMPN 12, Bks – UN matematika = 8,75
13. Benny – SMP Strada, Bks – UN matematika = 6,25
14. Asw – SMPN 29, Bks – UN matematika = 5,00

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5