Monday, October 29, 2012

Density (1 SMP)


(Buat murid-muridku kelas 1 SMP. Bahasanya gado-gado ya.)

Density
Density = kepadatan = massa jenis
Density adalah perbandingan jumlah materi terhadap volume ruang yang ditempatinya.
Mana yang mempunyai density lebih besar? A atau B?
     
Dari gambar di bawah ini, mana yang density-nya lebih besar?
  

Simbol density adalah ρ
Dimana:

Kebanyakan zat, density akan meningkat jika terjadi peningkatan tekanan dan penurunan suhu.

Massa jenis atau density atau kepadatan -  dapat digunakan untuk memperkirakan massa suatu benda dengan volume yang sama. 
Contohnya satu plastik kapas dengan satu plastik garam.
Kapas kurang padat dibanding garam
Maka : massa jenis kapas < massa jenis garam

Contoh soal 1
Volume batu menurut gambar di bawah adalah …


Jawab:
Volume batu = 40 – 20 mL = 20 mL



Contoh soal 2
Sebuah balok mempunyai panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 2 cm. Setelah ditimbang, massanya 80 gram. Massa jenis balok tersebut adalah ....

  1. 0,4 g/cm
  2. 4,0 g/cm
  3. 0,2 g/cm
  4. 2,0 g/cm
Jawab:
Volume balok = p x l x t = 5 x 4 x 2 cm³ = 40 cm³

Contoh soal 3

Gelas ukur diisi  air pada posisi   (I)  kemudian dimasukkan alumunium sehingga air naik pada posisi (II). Jika massa jenis alumunium 2,7 × 103 kg/m3, massa alumunium adalah ....
 
  1. 54 gr
  2. 81 gr
  3. 135 gr
  4. 216 gr

Jawab:
Volume benda = 50 – 30 = 20 mL = 20 x 10 – 3 Liter = 20 x 10 – 3 dm³ = 20 x 10 – 6
Ingat: 
1 mL = 1 x x 10 – 3 Liter
1 Liter = 1 dm³
1 dm³ = 1 x 10 – 3
20 x 10 – 3 dm³ = (20 x 10 – 3) x  1 x 10 – 3= 20 x 10 – 6
 Maka:
Massa zat = massa jenis x volume = 2,7 × 103 kg/m3 x  20 x 10 – 6
= 54 x 103 + (-6)
= 54 x 10 – 3  kg
= 54 gram

Contoh soal 4

Perhatikan gambar berikut.


Berdasarkan percobaan tersebut massa jenis batu sebesar ....
1,2 g cm-3
1,8 g cm-3
2,4 g cm-3
3,2 g cm-3

Jawab:
Massa batu = 72 gram
Volume batu = 70 – 30 mL = 40 mL = 40 cm³

Let’s try a density problem together
  1. Frank has a paper clip. It has a mass of 9g and a volume of 3cm3. What is its density?
  2. Frank also has an eraser. It has a mass of 3g, and a volume of 1cm3. What is its density?
  3. Jack has a rock. The rock has a mass of 6g and a volume of 3cm3. What is the density of the rock?
  4. Jill has a gel pen. The gel pen has a mass of 8g and a volume of 2cm3. What is the density of the rock?
Dalam ilmu kimia, massa jenis (ρ)  suatu zat sering dibandingkan dengan massa jenis air:

Misalnya minyak mengapung di atas permukaan air
           Artinya ρ minyak < ρ air
Batu tenggelam ke dalam air
Artinya ρ batu > ρ air
Telur asin melayang di dalam air
Artinya ρ telur asin = ρ air


Liquid Layers (Lapisan cairan)


Imagine that the liquids on the right have the following densities:
15g/cm3      10g/cm3
3g/cm3         9g/cm3
7g/cm3          12g/cm3
Match the colors to the correct densities.



Check out this picture from your book.

Which layer has the highest density?
Which layer has the lowest density?
Imagine that the liquids have the following densities:
10g/cm3.                             3g/cm3.
6g/cm3.                               5g/cm3.
Which number would go with which layer?
(Artinya: dari massa jenis 3 à terletak di lapisan ke berapa?, massa jenis 5 à terletak di lapisan ke berapa?, dst) 

Liquid Layers – Try with your neighbor


  1. Which liquid has the highest density? (tentukan yang mana yang mempunyai density terbesar?)
  2. Which liquid has the lowest density? (tentukan yang mana yang mempunyai density terkecil?)
  3. Which liquid has the middle density? (tentukan yang mana yang mempunyai density medium?)


Review
  1. What is the formula for density?
  2. What happens if you pour together liquids that have different densities?
  3. Will the liquid on the top have the highest or lowest density?
  4. Will the liquid on the bottom have the highest or lowest density?



No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5