1). Ajarkan math secara bertahap
2). Pakai instruksi yang singkat dan padat
3). Pidato panjang lebar tidak membuat anak lebih mengerti. Pidatonya singkat saja dan tuangkan dalam bentuk gambar, angka, dan step by step. Mengajar jadi lebih mudah dan anak pun menjadi lebih nyaman.
Contoh:
Faktorkan : 4x² - 9(3x +2)²
Langkah – langkahnya adalah:
(Catatan: Jika sudah ada soal di atas, biasanya anak sudah diajari dan menguasai tahap sebelumnya. Kalau salah karena lupa dianggap wajar).
1. Ingatkan materi pemfaktoran x² – y²
Jika soal di atas sudah diberikan, biasanya anak sudah melewati tahap pemfaktoran x² – y².
Pada anak-anak yang berkesulitan belajar matematika, ajarkan materi awal secara singkat dan sederhana agar anak siap menerima penjelasan penyelesaian soal yang lebih sulit.
2. x² – y² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
Biarkan anak yang mengisi bagian titik-titiknya
Jika anak menjawab dengan benar, lanjutkan ke tahap empat.
Jika salah, maka kita koreksi dengan cara mengingatkan bahwa x² – y² = (x + y).(x – y)
3. Beri anak soal a² – b² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
Kemungkinan besar anak akan menjawab dengan benar
4. Beri anak soal 4x² – 9y² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
5. Jika jawaban salah, beri instruksi seperti nomor 2 kita koreksi dengan cara mengingatkan bahwa
4x² – 9y² = (2x + 3y).(2x – 3y)
Anak akan ingat bahwa : 4x² = (2x).(2x) dan 9y² = (3y).(3y)
6. Tahapan mengajarkan soal 4x² - 9(3x +2)² adalah:
a. x² – y² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
b. a² – b² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
c. 4x² – 9y² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
d. 4x² – 9t² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
e. 4x² – 9(ta)² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
f. 4x² – 9(t + 1)² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
g. 4x² – 9(3x + 2)² = ( ... + ...) . ( ... - ...)
7. Bisa pindah soal ke tahap yang lebih sulit lagi
No comments:
Post a Comment