Monday, September 3, 2012

Bagaimana Mengajar Itu?

Mengajar adalah menyampaikan materi dengan bahasa sederhana sehingga anak mudah memahami apa yang kita sampaikan. Modal utama guru adalah kemampuan meramu bagaimana caranya menerangkan materi pelajaran sehingga mudah dipahami murid. Perlu ada usaha untuk itu. Harus banyak baca dari berbagai sumber, hingga mengerti betul. Setelah itu didiskusikan bareng suami. Karena aku tidak mau menerangkan sesuatu tanpa aku mengerti tentangnya. Aku tidak mau suamiku menyalahkan materiku di depan anak-anak. Biasanya aku langsung bilang, "stop!" saat suami mau koreksi langsung. Sambil kuberi kode, "nanti diskusinya". Sementara, guru juga dituntut mengajar tanpa kebanyakan kata. Nah, meramu kata; singkat - padat - sederhana - dan mudah dipahami ini kadang membutuhkan keahlian tersendiri. Akhirnya beg
inilah jadinya contoh materi pelajaran yang aku buat:

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5