Sunday, September 16, 2012

Mari Belajar "Segitiga Istimewa"

Yang dimaksud segitiga istimewa adalah segitiga dengan sudut-sudut tertentu, misalnya segitiga siku-siku dengan sudut 30o dan 60o.
Mari kita bahas bagaimana menghitung sisi-sisi segitiga jika sudah diketahui salah satu sisinya.
Jika kamu membuat segitiga siku-siku dengan salah satu sudutnya 30o dan perbandingan alas : miring = 1 cm : 2 cm,
maka jika kamu ukur tingginya pasti sekitar 1,73 cm atau akar 3.
Akan didapat perbandingan alas : tinggi : miring seperti gambar di bawah ini.

Dari perbandingan di atas, jika diketahui panjang alasnya 5 cm maka dapat dicari panjang sisi miring dan tingginya secara mudah.
Yaitu:

dengan mengkalikan angka perbandingannya dengan angka 5, didapat:
panjang sisi miring = 10 cm dan tingginya 5 akar 3 cm.
Mudah sekali, bukan?
Sekarang kita coba jika diketahui panjang sisi miringnya 6 cm. Berapakah panjang sisi segitiga siku-siku yang lain?

Soal di atas juga amat mudah penyelesaiannya. Coba lihat, panjang sisi miringnya 6 cm. Padahal di angka perbandingannya 2 cm.
Dari 2 menjadi 6 --> kalikan 3.
Maka kalikan semua angka perbandingannya dengan angka 3

Jadi jika panjang sisi miringnya 6 cm, maka panjang alasnya menjadi 3 cm dan tingginya 3 akar 3 cm.
Yuk, kita coba selesaikan soal di bawah ini.

Matematika itu mudah. Justru dengan mengotak-atik angka di matematika maka kreativitas kita akan terasah.
Untuk menyelesaikan satu soal matematika bisa melalui banyak cara untuk mendapatkan satu jawaban yang sama.
Jadi kalian PD saja dengan cara kalian sendiri asal nalar dan tidak 'ngawur' serta jawaban akhirnya adalah benar. Yang paling penting dalam matenatika adalah prosesnya. Maka nikmatilah proses mengerjakan soal matematika. Jangan terlalu memikirkan jawabanku benar atau salah. Yang penting jawab saja dulu dengan cara menggerakkan tangan kalian untuk mencora-coret angka.
Nah, kembali lagi ke soal. Tuliskan perbandingan aslinya dan perbandingan angka yang ada di soal. Lihat!

Di kelas 5 SD kalian sudah diajarkan pelajaran perbandingan. Dari gambar di atas, buatlah perbandingan angka atas : angka bawah, didapat:

Pecah angka perbandingan itu satu-satu dan kali silang, maka didapat panjang a.

Namun jawaban di atas belum selesai, karena jawaban akhir pada soal matematika tidak boleh mengandung akar di bilangan penyebutnya. Maka rasionalkan. Tujuannya agar bilangan akarnya terletak di atas.

Nah, ini hasil akhirnya.

Sekarang menghitung sisi miringnya, persis seperti menghitung panjang alasnya.
Jika didapat m, jangan lupa rasionalkan.

Didapat panjang sisi miringnya adalah:

Sampai ketemu pada pertemuan yang akan datang, akan kita bahas segitiga istimewa 90o, 45o, 45o dan juga segitiga 90o, 37o, 53o.
Penasaran? Tunggu ya....
Sampai jumpa ... ^_^

10 comments:

todungrs said...

Tulisan yang bagus mbak rini.

jadi ingin lagi jadi guru les privat waktu mhs di ganesha.

keep yr spirit high!

Todung

Koeshartati Saptorini said...

Terima kasih, Mas Todung.
Ini karena kesukaan saya menulis dipadu pengalaman mengajar.
Semoga bermanfaat buat anak-anak.

Hayuk atuh, mengajar anak-anak. Dijamin bahagia deh! ^_^

Unknown said...

gimana kalo yang dicari besar sudut nya...??
bs gk dikerjakan dengan menggunakan perbandingan itu...???

Unknown said...

terima kasih ya atas informasi nya
jadi tanbah suka sama matematika
dan penasaran untuk edisi yang lain

Kadekerliani said...

Makasihh

NC said...

Terimakasih, Sangat membantu ^^

Unknown said...

Makasih ya mba, lagi persiapan ujian dan ketemu ini sangat membantu sekalii yey :)

Unknown said...

Mbk rini terimakasih artikelnya........

renny said...

makasih harga terbaru

LarasCNBN said...

Terima kasih, sangat membantu..

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5