Sunday, September 9, 2012

Materi Kesebangunan (Soal yang Kedua)

Pada tulisan sebelumnya, kita sudah membahas syarat-syarat dua segitiga sebangun. Supaya kalian akan lebih sangat paham, baca sekali lagi materi yang pertama.

Sudah dibaca? Mari kita lanjutkan dengan pembahasan soal berikut ini:

Langkah pertama, tuliskan angka-angkanya dan jangan lupa beri tanda "titik merah" pada sudut yang berimpit.

Agar lebih tampak segitiga mana yang sebangun dan sisi mana saja yang bersesuaian, pisahkan kedua segitiga sebangun yang dimaksud.

Dari tanda sudutnya terlihat bahwa sisi PS (segitiga atas) bersesuaian dengan sisi RP (segitiga bawah), sisi QS (segitiga atas) dengan QP, dan sisi QP (segitiga atas) bersesuaian dengan sisi QR (segitiga bawah).
Maka didapat perbandingan:

dan didapatkan angka perbandingan sebagai berikut:

Selanjutnya, dengan perkalian silang akan didapat nilai n dan x.

Selamat belajar ... ^_^

Untuk soal yang sederhana, kalian bisa menggunakan langsung rumus-rumus di bawah ini. (Ingat: asal gambarnya mirip loh ya ...)



Rumus-rumus kesebangunan dapat kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menentukan tinggi pohon dan bayangannya, menentukan lebar bingkai foto agar bingkai dan fotonya tampak sebangun, menentukan skala peta, menentukan lebar model pesawat jika kita mau merancang model pesawat, menentukan tinggi rumah hanya dengan melihat fotonya, dll.
Berikut ini sedikit contoh aplikasi rumus kesebangunan.

No comments:

About Me

My Photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
rini_tl@ganesha-one.com