Monday, September 3, 2012

Ikuti Gaya Belajar Anak-Anak

Coba kita cerita ke anak TK, platipus itu binatang bertelur dan menyusui anaknya. Ekornya seperti berang-berang, mulutnya seperti bebek berbentuk sudu. Bentuk badannya seperti tikus besar. dll Dijamin anak TK-nya akan bingung membayangkan. Supaya tidak bingung, tuangkan saja dalam gambar. Beres jadinya! Diriku juga kalau menerangkan materi tanpa gambar, asli mumet! Apalagi muridnya ya?! Makanya gaya mengajarku aku lengkapi dengan 3 gaya belajar sekaligus; auditory, kinestetis, dan visual. Jadi pengajar siap-siap jadi aktor yang baik, intonasi suara diubah-ubah sesuai kebutuhan, bahasa tubuh dan tangan untuk lebih menekankan penjelasan, gambar sangat membantu agar anak-anak lebih paham.

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5