Wednesday, September 26, 2012

Mari Belajar "Alat Gerak"

Pada saat anak-anak SMP (murid saya) sudah bosan belajar matematika dan fisika, mereka minta diajari bahan biologi. Awalnya saya gelagapan karena saya bukan guru biologi. Namun karena anak-anak mengeluh kurang paham materi biologi, akhirnya saya mencoba membuatkan ringkasannya. Bahan materi saya ambil dari mana-mana. Internet sangat memudahkan guru seperti saya mengembangkan materi apapun yang diperlukan.

Pada akhirnya saya menyadari, bahwa bukan masalah kemampuan namun modal utama guru mengajar adalah dedikasi dan rasa kasih pada anak-anak yang membuat guru bisa melakukan banyak hal.

Saya berkata sejujurnya pada anak-anak, "Kalau pelajaran biologi, kalian jangan tanya macam-macam ya. Karena Bu Rini tidak bisa menjawabnya. Bu Rini hanya membantu kalian saja."

Namun jawaban anak-anak, "Enggak apa-apa, Bu. Cara ngajar 'biologi' Bu Rini lebih enak. Kita ngerti kok, Bu." (Ngerti untuk tidak tanya macam-macam, maksudnya ^_^).

Berikut salah satu contoh materi biologi yang saya buat.

Rangka Manusia (Tulang)

Sel-sel tulang terdiri dari:
Zat perekat kolagen dan endapan garam-garam mineral terutama garam kalsium (kapur). Sehingga tulang tidak terlalu kaku (jika terlalu kaku mudah patah) dan tidak terlalu lentur.

1. Fungsi rangka (tulang) = alat gerak pasif, yang hanya dapat bergerak bila dibantu oleh otot.
2. Fungsi persendian = menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya.
3. Fungsi otot = alat gerak aktif, yang dapat menggerakkan organ lain sehingga terjadi suatu gerakan.
4. Rangka manusia terdiri dari 3 bagian, yaitu: …
a. Rangka badan
b. Rangka kepala (tengkorak)
c. Rangka anggota gerak
Berdasarkan bentuknya tulang dibedakan menjadi tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek.
Berdasarkan pada zat penyusun dan sturkturnya tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.
Fungsi Rangka Pada Manusia
Kerangka pada tubuh manusia memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu:
1. Sebagai penegak tubuh
2. Sebagai pembentuk tubuh
3. Sebagai tempat melekatnya otot (otot rangka)
4. Sebagai pelindung bagian tubuh yang penting
5. Sebagai tempat pembentukkan sel darah merah
6. Sebagai alat gerak pasif
Kerangka manusia dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu:
1. Bagian Tengkorak
2. Bagian Badan
3. Bagian Anggota Gerak
Keterangan:
1. Skull
2. Neck vertebra
3. Clavicle
4. Humerus
5. Scapula
6. Sternum
7. Ribs
8. Lumbar vertebrae
9. Radius
10. Ulna
11. Carpals
12. Phalanges
13. Femur/ thigh bone
14. Patella / knee cap
15. Tibia/ shin bone
16. Fibula/ Calf bone
17. Metatarsals
18. Phalanges
19. Pelvis
Rangka kepala terdiri dari:…
1. tulang dahi
2. tulang rahang atas
3. tulang rahang bawah
4. tulang air mata
5. tulang hidung
6. tulang ubun-ubun
7. tulang pipi
Keterangan:

Agar tambah lengkap, lihat gambar di bawah ini:

Tulang Belakang

Tulang Anggota Gerak

Sendi Mati
Sendi mati yaitu persendian yang tidak memiliki celah sendi sehingga tidak memungkinkan terjadinya pergerakan, misalnya persendian antar tulang tengkorak.
Sendi Kaku
Sendi kaku yaitu persendian yang terdiri dari ujung-ujung tulang rawan, sehingga masih memungkinkan terjadinya gerak yang sifatnya kaku, misalnya persendian antara ruas- ruas tulang.
Sendi Gerak
Sendi Gerak yaitu persendian yang terjadi pada tulang satu dengan tulang yang lain tidak dihubungkan dengan jaringan sehingga terjadi gerakan yang bebas.
Contoh Sendi Gerak
a. Sendi Engsel
Sendi Engsel yaitu persendian yang dapat digerakan kesatu arah.
Contohnya:
- tulang paha dengan tulang betis
- tulang lengan dengan tulang hasta

b. Sendi Putar
Sendi Putar yaitu persendian yang dapat digerakan secara berputar
Contohnya:
- tulang leher dengan tulang atlas
- hasta dengan tulang pengumpil

C. Sendi Peluru
Sendi Peluru yaitu persendian yang dapat digerakan kesegala arah
Contohnya:
- gelang bahu dengan tulang lengan atas
- gelang panggul dengan tulang paha

d. Sendi Pelana
Sendi Pelana yaitu persendian yang dapat digerakan kedua arah
Contohnya:
- persendian pada ibu jari tangan
- tulang pergelangan tangan dengan Tulang tapak tangan

Sumber gambar: edukasi.net dan Om Google

Untuk anak RSBI, hafalkan nama-nama tulang di bawah ini:


No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5