Monday, September 3, 2012

Muridku Takut Kalah Sama "yang Curang"

Mau bikin materi kimia buat besok. Anak SMA kelas 3 internasional pada minta diajari dari awal kelas satu sehingga mereka PD menghadapi UN dan SNMPTN yad.

"Katanya SNMPTN mau dihapus, Bu? Masuknya pakai nilai UN?" tanya murid-muridku. "Enggak usah kalian pikirin itu. Yang penting kalian semangat dan rajin belajar." jawabku.

"Kalian mau masuk mana?" "ITB, Bu. UI, Bu. Ke Jepang, Bu. Ke Malaysia, Bu. Ke Singapore, Bu...." celoteh anak-anak. "Yuk, kita belajar yang rajin. Yang penting rajin dulu. Hasil itu akan mengikuti usaha. Kalaupun kalian diterima di universitas swasta, paling tidak kalian tetaplah anak yang bermutu karena kalian anak rajin."

Aku enggak pernah mau memberi harapan kosong pada anak-anak dan orang tua. Yang aku pentingkan adalah proses. "Mari kita berusaha, rajin belajar, dan jujur! Itu yang membedakan kita dari kebanyakan orang." tandasku ke anak-anak.

"Buuu, kalau masuk PTN pakai hasil UN ... kita nanti kalah sama SMA 'ecek-ecek' yang suka ngasih bocoran jawaban ke murid ..." keluh muridku.



"Kalian jangan takut sama orang yang tidak jujur. Tidak akan berkah. Ijasah yang jujur akan membuat kerja kalian menjadi berkah. Uang yang kalian peroleh pun akan berkah. Dan rejeki yang halal itu yang akan mengalir ke darah anak kalian nanti."

Jadi guru memang sekaligus harus bisa merangkap jadi ustadz atau ustadzah. Tapi gurunya juga harus jujur dan bener dulu ... :D

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5