Untuk menghitung luas permukaan, bayangkan kalian akan mengecat setengah silinder pejal ini pada semua permukaannya.
Bu Rini: "Mana yang perlu dicat?"
Murid-muridku menjawab:
"1). 2 x 1/2 lingkaran
2). setengah selimut bawah
3). luas persegi panjang yang ada di atasnya"
Bu Rini: Kalian tahu pakai rumus apa?
Murid: "Tahu, Bu ..."
Bu Rini: "Silahkan kerjakan ... :))"
Dan anak-anakpun mengerjakannya dengan senang hati.
Pada hari pertama belajar bangun ruang sisi lengkung, murid-muridku sudah bisa dengan mandiri mengerjakan soal ini:
Ketika murid bertanya, beri tahu "klu" - nya saja. Biar kreativitas mereka berkembang. Model gaya mengajarku seperti ini amat disukai murid-muridku asal BPK Penabur. Mereka sangat antusias belajar karena ternyata matematika itu pelajaran yang mudah. (Awalnya sebelum belajar bersama Bu Rini, nilai ulangan anak-anak ini antara 4 - 5. Pokoknya merah terus). Satu semester kemudian mereka dikenal pintar di sekolah bahkan kemudian ditawari ikut lomba olimpiade math. "Ini gara-gara Bu Rini", kata mereka.
Ada juga sih yang modal awal nilai matematikanya sudah bagus. Tapi yang modal awalnya mempunyai nilai bagus, bisa dihitung dengan jari.
Friday, September 21, 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
About Me
- Koeshartati Saptorini
- Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5
No comments:
Post a Comment