1. Penjumlahan dan Pengurangan Aljabar
Waktu kelas 1 SD kita diajarkan:
1 apel + 3 apel = 4 apel
Di tingkat SMP ini, juga akan diajarkan 1 apel + 3 apel, hanya bedanya kata apel diganti dengan sebuah variabel. Contohnya:
1 apel + 3 apel = 4 apel
1 apl + 3 apl = 4 apl
1a + 3 a = 4 a
Jadi, mulai sekarang kalian sudah tahu, bahwa:
1 xy + 3 xy = 4 xy --> (bayangkan xy = apel)
Sekarang coba lihat:
1 apel + 3 buku = 1 apel + 3 buku
Dan bukan 4 buku apel. Memangnya ada barang namanya apel buku?
Maka:
1 a + 3 b = 1 a + 3b
4x + 3y = 4x + 3y
Sekarang perhatikan pengurangan benda di bawah ini :
8 buku – 3 buku = 5 buku
Kata buku dapat diganti dengan variabel b, menjadi:
8b – 3b = 5b
Kata buku juga dapat diganti dengan variabel y, menjadi:
8y – 3y = 5y
2. Perkalian aljabar
Coba perhatikan baik-baik perkalian kelas 2 SD di bawah ini :
2 x 3 = 2.3 = 6
a x b = a.b = ab
2a x 3b = 6ab
Nah, ternyata aljabar pelajaran yang mengasyikkan bukan ?
Yuk, sekarang kita mulai mengotak-atik pecahan aljabar.
Saat kelas 4 SD kita diajarkan bahwa :
Sama, pada materi pecahan aljabar juga cara mengerjakannya persis seperti pecahan SD di atas.
Coba perhatikan dan lihat persamaannya dengan pecahan di atas!
Nah, ternyata materi aljabar itu mengasyikkan.
Jadi kalian jangan takut menghadapi aljabar ya. Aljabar itu mudah, sama seperti materi matematika yang lain.
Jika kalian merasa bahwa matematika itu sulit, rumit, membingungkan, dan lain-lain, mungkin karena kalian belum ketemu guru yang tepat atau sesuai dengan karakter dan gaya belajar kalian saja. Coba temukan guru itu untuk kemudian membuktikan bahwa ternyata kalian menjadi suka pada pelajaran matematika. Karena sebetulnya matematika itu mudah.
Kita lanjutkan:
Kalian sudah tahu bahwa 2 x 3 = 6 dan 2a x 3b = 6 ab
Dan 3 x 3 = 3², maka b x b = b²
Coba kita kerjakan perkalian aljabar di bawah ini:
Nah, mari kita coba penjumlahan pecahan aljabar di bawah ini:
Ingat cara penyelesaian pecahan SD di bawah ini:
Pecahan SD di atas kita aplikasikan untuk menyelesaikan pecahan aljabar di bawah ini:
Kerjakan setahap demi setahap.
Tahap pertama:
Tahap kedua:
Kalikan angka yang ada di luar kurung dengan angka yang ada dalam tanda kurung di dekatnya. Biasanya guru memakai istilah, "Buka tanda kurungnya"
Tahap ketiga:
Lanjutkan dengan soal pecahan aljabar yang kedua:
Sama seperti pecahan tersebut, pecahan aljabar juga disamakan penyebutnya. Perhatikan!
Coba kalian lanjutkan sendiri soal di bawah ini ya. Prinsipnya persis sama dengan pengerjaan soal pecahan pada gambar di atas ini.
Jika kalian masih merasa kesulitan dengan soal yang terakhir, coba tanyakan pada kedua orang tuamu atau kakakmu. Bagaimana cara menyelesaikannya. Tapi jika tetap belum bisa, tinggalkan saja dulu. Nanti guru di sekolahmu pasti akan menerangkan hal yang sama. Diajari dua atau tiga kali, lama-lama kalian akan bisa. Perlu dikembangkan juga kerjasama menyelesaikan soal latihan bersama teman-temanmu. Kemampuan bekerja sama dan belajar secara berkelompok ini akan sangat berguna hingga kalian kuliah nanti.
Coba kerjakan soal-soal di bawah ini untuk melatih keterampilan kalian.
Selamat mencoba ya... ^_^
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
About Me
- Koeshartati Saptorini
- Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5
1 comment:
Alhamdulillah, cari tahu dimanapun gak ketemu, ternyata ini membantu banget
Post a Comment