Sunday, September 9, 2012

Mari Belajar Kesebangunan

Sebangun artinya sama bentuk, sama sudut, namun tidak sama besar.
Contoh:
Berikut adalah contoh dua bangun datar yang sebangun:

Ingat, dua segitiga dikatakan sebangun jika ketiga sudutnya sama besar. (Dua sudut sama besar pun, syarat kesebangunan dua segitiga sudah terpenuhi. Mengapa?)

Coba kalian buat segitiga siku-siku dengan sudut-sudut 30, 60, dan 90 derajat.
Jika AC = 1 cm dan BC = 2 cm, maka akan didapat panjang AB (bisa dihitung pakai rumus phytagoras maupun diukur langsung dengan penggaris).
Sekarang buat segitiga siku-siku yang sebangun (ingat sudutnya sama, segitiga KLM.
Jika sisi yang bersesuaian dengan AC, yaitu KM dibuat 3 cm (tiga kali lipat panjang AC), maka sisi-sisi yang bersesuaian dengan BC dan AB juga naik tiga kali lipat.

Ini membuktikan bahwa, sisi-sisi yang bersesuaian pada segitiga sebangun mempunyai nilai/ angka perbandingan yang sama.

Dari keterangan di atas kita dapat menentukan salah satu panjang bangun datar, jika salah satu sisi yang bersesuaian diketahui nilai perbandingannya.
Contohnya soal berikut ini:

Langkah pertama adalah tentukan mana segitiga yang "kira-kira" sebangun dan pastikan apakah besar sudutnya sama.
Beri tanda sudut (berupa titik hitam) pada sudut yang dimiliki oleh segitiga besar dan kecil (berimpit). Setelah tanda "titik hitam" akan terlihat dua sudut yang sama. Sudut yang ketiga diberi tanda "x" hanya untuk memudahkan kita melihat sisi-sisi yang bersesuaian saja.

Langkah menentukan sudut ini penting, karena dari sudut itu maka kita dapat menentukan sisi-sisi yang bersesuaian. Apalagi bagi anak kelas 3 SMP (pemula) yang baru memulai belajar kesebangunan. Sudut wajib dituliskan agar kalian lebih teliti. (Pura-puranya saya sedang menerangkan ke anak-anak ... ^_^). Kalian tidak terjebak dengan "merasa bisa" namun ternyata hasil yang kalian kerjakan adalah salah.

Nah, dari gambar di atas terlihat bahwa sisi "x + 5" bersesuaian dengan sisi "6", panjang sisi "y" bersesuaian dengan panjang sisi "3", dst.
Sehingga dapat ditulis:

Selanjutnya tinggal dicari nilai x dan y.

Alhamdulillah, kita hari ini telah belajar konsep dasar kesebangunan dan sekelumit soal bisa kita selesaikan.

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5