Slide 1: Sambil menulis, gurunya sambil ngomong.
Setahap demi setahap, tatap mata anak.
Dari tatapan mata dan mimik wajah akan terlihat anak akan mengerti atau cuma mengangguk-angguk tetapi sebetulnya belum mengerti.
Slide 2: sebelum membahas soal, anak dikenalkan konsep ln terlebih dahulu. Sedikit demi sedikit, setahap demi setahap, hingga anak paham betul apa itu "ln".
Slide 3: Matematika bukanlah untuk dipandangi dan dipikirkan. Gerakkan tangan sekena ide yang ada di pikiran. Ide yang kurang tepat (atau salah) pun akan membantu proses menyelesaikan matematika.
Gerakkan tangan, tuangkan ide penyelesaian, jika belum tepat - tinggal coret. Setelah itu pasti akan menemukan ide yang lebih tepat dalam menyelesaikan soal.
Slide 4:Keterangan yang ada di dalam kotak sangat membantu anak dalam memahami tahap penyelesaian soal.
Gunakan bahasa yang sederhana, lugas, dan jangan "muter-muter" ngomongnya. To the point saja kalau menerangkan matematika. Sehingga anak tidak pusing mengartikan bahasa guru.
Hubungi: Ibu Rini 0819-3263-3001
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
About Me
- Koeshartati Saptorini
- Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5
No comments:
Post a Comment