Saturday, September 15, 2012

Mari Belajar "Bangun Ruang Sisi Lengkung"

Saat SD, kalian sudah belajar apa itu lingkaran, limas, tabung, bola, dan juga prisma & limas.

1. Mari kita ulang kembali apa itu prisma.
Prisma adalah suatu bangun ruang yang bentuk alasnya sama persis dengan bentuk atapnya. Contohnya adalah balok, kubus, prisma segitiga, prisma segilima, prisma trapesium, dll.
Tabung juga bisa kita anggap prisma karena bentuk alas dan atapnya adalah sama persis. (Walaupun pada dasarnya tabung bukan termasuk prisma, namun cara menghitung volume dan luas permukaannya sama seperti prisma).

Kita ingat kembali bagaimana rumus volume dan luas permukaan prisma. (Lihat gambar 1 di bawah)

2. Apa itu limas?
Limas adalah satu bangun ruang yang atapnya lancip. Jadi bentuk alasnya tidak sama dengan atapnya. Contoh limas misalnya limas persegi, limas segiempat, limas trapesium, dll.

Rumus volume dan luas permukaan limas, dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Nah, kalau kalian sudah bisa membedakan apa itu prisma dan limas serta membedakan bagaimana rumus tabung dan kerucut, ada baiknya kalian hafalkan rumus-rumus di bawah ini.
Sementara bagaimana cara mendapatkan phi, rumus luas permukaan dan volume bola, akan Bu Rini terangkan pada pertemuan kita di kelas.

Nah, sekarang mari kita bahas soal-soal cerita di bawah ini.
Jangan takut duluan, bahwa soal cerita itu susah. Anggapan kalian salah.
Coba baca soalnya pelan-pelan dan bayangkan ada bendanya di dekat kalian. Jawablah persoalan itu setahap demi setahap dan jangan takut salah. Ingat: salah mengerjakan soal matematika itu = bagus! Artinya kalian sudah mencoba satu tahap, walaupun salah. Dari kesalahan itulah, kreativitas kalian akan muncul.
Kembali lagi ke soal ... ^_^

"Matematika itu mudah!" Tanamkan ini dibenak kalian. Kalau kalian kesulitan, kan ada Bu Rini disamping kalian ... ^_^ ... akhirnya tidak jadi sulit bukan?
Apakah yang ditanyakan pada soal di atas? Kalian harus bisa mencari sendiri, apa yang ditanyakan. Kalau kalian tidak bisa mengetahui "apa yang ditanyakan" bagaimana kalian bisa menjawabnya?
Matematika itu mudah. Langkah pertama hanyalah mencari tahu apa yang ditanyakan dan informasi apa saja yang didapat di soal.
Ya, betul! Kalian harus mencari % tabung yang terisi bola.
Coba kalian kerjakan sendiri terlebih dahulu. Salah = tidak apa-apa. Nanti pasti Bu Rini terangkan. ^_^
Sekarang, coba cocokkan jawaban kalian dengan jawaban Bu Rini...

Yeeee..., kalian pintar. Mencari tahu jawaban sendiri terlebih dahulu, itu yang akan mengembangkan kreativitas kalian.
Sekarang, coba kalian perhatikan soal di bawah ini. Coba kalian kerjakan terlebih dahulu, nanti jawabannya kita cocokkan.

Yuk, kita cocokkan dengan jawaban Bu Rini. Ingat, salah = tidak apa-apa. Yang penting kalian sudah berani mencoba.

Sekarang kita bahas soal yang ketiga.

Yang dimaksud soal di atas adalah sebuah tangki berisi air penuh. Airnya dialirkan ke sebuah tabung di bawahnya, dengan kecepatan alir (debit) sudah diketahui di soal.
a. Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar air dalam tangki balok habis?
b. Berapa tinggi air dalam silinder? (setelah terisi air dari tangki balok habis?
Jawaban a:

Jawaban b:
Sekarang, coba kalian kerjakan (boleh didiskusikan bersama teman) soal di bawah ini:


Selamat belajar ... ^_^

No comments:

About Me

My photo
Saya, lulusan ITB, yang telah mengajar matematika SD hingga SMA selama lebih dari 20 tahun. (Dari tahun 1990 hingga sekarang).
Saya sangat menikmati dunia mengajar.
Saya juga mengajar anak SMA kelas Internasional hingga mereka bisa mengerti materi A Level matematika, fisika, dan kimia dengan lebih mudah.
Dalam mengembangkan materi pelajaran, saya mempunyai tenaga ahli, jurusan teknik fisika - ITB (S-1) dan teknik informatika - ITB (S-2).
Saat ini saya juga aktif memberi pelatihan "Bagaimana Mengajar Matematika Secara Mudah dan Menyenangkan" bagi guru-guru SD di Indonesia. Kegiatan ini dimotori oleh ITB88 Peduli Pendidikan.
Hubungi saya di:
facebook "Koeshartati Saptorini" https://www.facebook.com/rini.ks.5